Nama / NIM : NI PUTU TIAS AMARWATI / 1404505041
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Tampak pada gambar di atas bahwa kelasBinatang (teratas) adalah kelas induk untuk semua kelas di bawahnya (setiap kelas ditandai dengan kotak berisi nama kelas bersangkutan). Misalkan salah satu anaknya adalah kelas Mamalia yang salah satu anaknya adalah kelasReptil, Kelas Mamlia menurunkan kelas Kucing. Setiap anak atau cucu mewarisi perilaku orang tua dan kakek/neneknya di atas, namun tetap dapat ditambahkan perilaku lainnya, dalam hal ini penambahan methode yang diinginkan.
1404505041
Pemrograman Beroientasi Objek
Teknologi Informasi Udayana */
package binatang;
//super kelas untuk kelas anak : Sapi, Kucing, dan Anjing
class Mamalia {
String Nama;
String Keterangan;
//konstruktor
public Mamalia (String nama, String keterangan) {
Nama = nama;
Keterangan = keterangan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Kelas = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
}
}
package binatang;
//kelas Sapi
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Sapi extends Mamalia {
String Kegunaan;
//konstruktor
public Sapi (String nama, String keterangan, String kegunaan) {
super (nama,keterangan);
Kegunaan = kegunaan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
}
}
package binatang;
//kelas Kucing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Kucing extends Mamalia {
String Kegunaan;
//konstruktor
public Kucing (String nama, String keterangan, String kegunaan) {
super (nama, keterangan);
Kegunaan = kegunaan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
}
}
package binatang;
//kelas Siam
//Turunan dari kelas Siam, menggunakan "extends" dan "super"
class Siam extends Kucing {
String Jenis;
//konstruktor
public Siam (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Tiffany
//Turunan dari kelas Tiffany, menggunakan "extends" dan "super"
class Tiffany extends Kucing {
String Jenis;
//konstruktor
public Tiffany (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Tyoger
//Turunan dari kelas Kucing, menggunakan "extends" dan "super"
class Tyoger extends Kucing {
String Jenis;
//konstruktor
public Tyoger (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Anjing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
//super kelas untuk kelas Akita, Beagle, dan Boxer
class Anjing extends Mamalia {
String Kegunaan;
//konstruktor
public Anjing (String nama, String keterangan, String kegunaan) {
super (nama, keterangan);
Kegunaan = kegunaan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
}
}
package binatang;
//kelas Akita
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Akita extends Anjing {
String Jenis;
//konstruktor
public Akita (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Beagle
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Beagle extends Anjing {
String Jenis;
//konstruktor
public Beagle (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
public class Kintamani extends Anjing {
String Jenis;
//konstruktor
public Kintamani (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Reptil
//super kelas untuk kelas anak : Ular, Buaya, Cicak
class Reptil {
String Nama;
String Kulit;
String Keterangan;
//konstruktor
public Reptil (String nama, String kulit, String keterangan) {
Nama = nama;
Kulit = kulit;
Keterangan = keterangan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Kelas = " +Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
}
}
package binatang;
//kelas Cicak
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Cicak extends Reptil {
String Habitat;
//konstruktor
public Cicak (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat) {
super (nama, kulit, keterangan);
Habitat = habitat;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
}
}
package binatang;
//kelas Buaya
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Buaya extends Reptil {
String Habitat;
//konstruktor
public Buaya (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat) {
super (nama, kulit, keterangan);
Habitat = habitat;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
}
}
package binatang;
//kelas Ular
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
//super kelas untuk kelas Boa, Python, dan Cobra
class Ular extends Reptil {
String Habitat;
//konstruktor
public Ular (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat) {
super (nama, kulit, keterangan);
Habitat = habitat;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
}
}
package binatang;
//kelas Python
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Python extends Ular {
String Status;
//konstruktor
public Python (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat, String status ) {
super (nama, kulit, keterangan, habitat);
Status = status;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Ular = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
System.out.println("Status = " + Status);
}
}
//kelas Cobra
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Cobra extends Ular {
String Status;
//konstruktor
public Cobra (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat,String status ) {
super (nama, kulit, keterangan, habitat);
Status = status;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Ular = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
System.out.println("Status = " + Status);
}
}
package binatang;
//kelas Boa
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
public class Boa extends Ular {
String Status;
//konstruktor
public Boa (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat, String status ) {
super (nama, kulit, keterangan, habitat);
Status = status;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Ular = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
System.out.println("Status = " + Status);
}
}
package binatang;
//Kelas utama
//Perhatikan kata "main"
public class Binatang {
public static void main(String[] args) {
//instansiasi kelas
//menggunakan "new"
System.out.println("Berikut daftar binatang beserta salah satu turunannya :");
System.out.println("");
Mamalia a = new Mamalia("Mamalia","Binatang Menyusui");
Sapi aa = new Sapi("Sapi","Binatang Menyusui", "Penyedia Daging");
Kucing ab = new Kucing("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah");
Tyoger aba = new Tyoger("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Tyoger");
Tiffany abc = new Tiffany("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Tiffany");
Siam abb = new Siam("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Siam");
Anjing ac = new Anjing("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah");
Akita aca = new Akita("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Akita");
Beagle acb = new Beagle("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Beagle");
Kintamani acc = new Kintamani("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Kintamani");
Reptil b = new Reptil("Reptil", "Bersisik", "Binatang Bertelur");
Ular ba = new Ular("Ular","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan");
Boa baa = new Boa("Ular Boa","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan","Tidak Berbisa");
Python bab = new Python("Ular Python","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan","Tidak Berbisa");
Cobra bac = new Cobra("Ular Cobra","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan","Berbisa");
Buaya bb = new Buaya ("Buaya","Bersisik","Binatang Bertelur","Rawa-rawa");
Cicak bc = new Cicak ("Cicak","Bersisik","Binatang Bertelur","Rumah");
//Pemanggilan konstruktor masing - masing
//Catatan : penambahan System.out.println("") untuk memberikan ruang kosong 1 baris, biar ga mepet liatnya :D
a.TampilkanRincian();
System.out.println("");
aa.TampilkanRincian();
System.out.println("");
ab.TampilkanRincian();
System.out.println("");
ac.TampilkanRincian();
System.out.println("");
aca.TampilkanRincian();
System.out.println("");
acb.TampilkanRincian();
System.out.println("");
acc.TampilkanRincian();
System.out.println("");
b.TampilkanRincian();
System.out.println("");
ba.TampilkanRincian();
System.out.println("");
baa.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bab.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bac.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bb.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bc.TampilkanRincian();
System.out.println("");
System.out.println("");
}
}
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
Berbicara mengenai Java, Anda akan disuguhkan dengan sebuah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di berbagai platform dan dengan gaya pemrograman berorientasi objek. Perlu diketahui dan dipahami dengan baik konsep objek, kelas, pewarisan, hak akses, polimorfisme, dan sebagainya, yang membedakan antara pemrograman struktural dan pemrograman berbasis objek.
Artikel ini terlalu sederhana untuk bisa mengupas tuntas mengenai Pemrograman Java secara utuh. Selain karena materi yang padat, Java sendiri terbagi atas tiga bagian, yaitu J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berjalan di sisi server, J2SE (Java 2 Standard Edition) yang bisa Anda coba di komputer (PC, laptop, netbook), dan J2ME (Java 2 Mobile Edition) yang umumnya dijalankan di perangkat mobile (HP, smartphone, PC tablet) namun bisa juga dijalankan di komputer melalui emulator yang disediakan, misalkan emulator Symbian dan Android. Untuk IDE penulis menyarankan di Eclipse, Netbeans, atau Geany, dan terdapat di semua platform baik Linux, Windows, maupun Mac.
Kembali mengenai pewarisan (inheritance), ingat kembali mengenai kelas seperti yang penulis sampaikan di paragraf di atas. Sebuah kelas dapat menurunkan kelas lainnya, sehingga kelas turunannya tersebut memiliki struktur dan sifat (perilaku, dalam hal ini methode) seperti kelas induknya. Meski demikian, kelas anak tetap bisa memiliki perilaku tersendiri (tambahan) di luar yang diwarisi oleh kelas induknya. Sebuah kelas induk (kemudian akan disebut kelas super) dapat menurunkan beberapa kelas anak.
OK, kita langsung saja ke tahap studi kasus, untuk lebih mempertajam sedikit penjelasan di atas.
Studi Kasus : Kelas Binatang
Di sini Penulis akan membuat sebuah kelas super bernama kelas Binatang.java, yang akan menurunkan 2 buah kelas anak yaitu kelas Mamalia dan kelas Reptil. masing-masing kelas anak ini akan menurunkan lagi kelas anak di bawahnya. yaitu kelas Reptil akan menurunkan kelas Buaya , Ular dan Ciak. kelas Mamalia akan menurunkan kelas Anjing, Kucing, Sapi, Pada subkelas itu nanitnnya akan diturunkan lagi
Jika dibuatkan dalam bentuk diagram sebagai berikut (via Dia Diagram) :
Dalam dunia pemrograman, tentu saja keberadaan sebuah pewarisan ini akan menghemat waktu, karena kita cukup menurunkan kelas yang sudah ada menjadi sebuah kelas yang baru, untuk kemudian menambahkan methode yang diperlukan secara spesifik di kelas tersebut.
Memulai Pemrograman
Setelah ditampilkan bagan diagram di atas yang dikerjakan di Dia Diagram, kini saatnya mengimplementasikannya dalam sebuah kode Java sederhana. Silahkan copyscript sederhana berikut ke dalam editor/IDE favorit Anda. Dalam hal ini penulis menggunakan NeatBeans IDE 8.0.2
Kode :
*/ Ni Putu Tia Amarwati1404505041
Pemrograman Beroientasi Objek
Teknologi Informasi Udayana */
package binatang;
//super kelas untuk kelas anak : Sapi, Kucing, dan Anjing
class Mamalia {
String Nama;
String Keterangan;
//konstruktor
public Mamalia (String nama, String keterangan) {
Nama = nama;
Keterangan = keterangan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Kelas = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
}
}
package binatang;
//kelas Sapi
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Sapi extends Mamalia {
String Kegunaan;
//konstruktor
public Sapi (String nama, String keterangan, String kegunaan) {
super (nama,keterangan);
Kegunaan = kegunaan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
}
}
package binatang;
//kelas Kucing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Kucing extends Mamalia {
String Kegunaan;
//konstruktor
public Kucing (String nama, String keterangan, String kegunaan) {
super (nama, keterangan);
Kegunaan = kegunaan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
}
}
package binatang;
//kelas Siam
//Turunan dari kelas Siam, menggunakan "extends" dan "super"
class Siam extends Kucing {
String Jenis;
//konstruktor
public Siam (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Tiffany
//Turunan dari kelas Tiffany, menggunakan "extends" dan "super"
class Tiffany extends Kucing {
String Jenis;
//konstruktor
public Tiffany (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Tyoger
//Turunan dari kelas Kucing, menggunakan "extends" dan "super"
class Tyoger extends Kucing {
String Jenis;
//konstruktor
public Tyoger (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Anjing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
//super kelas untuk kelas Akita, Beagle, dan Boxer
class Anjing extends Mamalia {
String Kegunaan;
//konstruktor
public Anjing (String nama, String keterangan, String kegunaan) {
super (nama, keterangan);
Kegunaan = kegunaan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
}
}
package binatang;
//kelas Akita
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Akita extends Anjing {
String Jenis;
//konstruktor
public Akita (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
@Override
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Beagle
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Beagle extends Anjing {
String Jenis;
//konstruktor
public Beagle (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
public class Kintamani extends Anjing {
String Jenis;
//konstruktor
public Kintamani (String nama, String keterangan, String kegunaan, String jenis) {
super (nama, keterangan, kegunaan);
Jenis = jenis;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Kegunaan = " + Kegunaan);
System.out.println("Jenis = " + Jenis);
}
}
package binatang;
//kelas Reptil
//super kelas untuk kelas anak : Ular, Buaya, Cicak
class Reptil {
String Nama;
String Kulit;
String Keterangan;
//konstruktor
public Reptil (String nama, String kulit, String keterangan) {
Nama = nama;
Kulit = kulit;
Keterangan = keterangan;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Kelas = " +Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
}
}
package binatang;
//kelas Cicak
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Cicak extends Reptil {
String Habitat;
//konstruktor
public Cicak (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat) {
super (nama, kulit, keterangan);
Habitat = habitat;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
}
}
package binatang;
//kelas Buaya
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Buaya extends Reptil {
String Habitat;
//konstruktor
public Buaya (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat) {
super (nama, kulit, keterangan);
Habitat = habitat;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
}
}
package binatang;
//kelas Ular
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
//super kelas untuk kelas Boa, Python, dan Cobra
class Ular extends Reptil {
String Habitat;
//konstruktor
public Ular (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat) {
super (nama, kulit, keterangan);
Habitat = habitat;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
}
}
package binatang;
//kelas Python
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Python extends Ular {
String Status;
//konstruktor
public Python (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat, String status ) {
super (nama, kulit, keterangan, habitat);
Status = status;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Ular = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
System.out.println("Status = " + Status);
}
}
//kelas Cobra
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Cobra extends Ular {
String Status;
//konstruktor
public Cobra (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat,String status ) {
super (nama, kulit, keterangan, habitat);
Status = status;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Ular = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
System.out.println("Status = " + Status);
}
}
package binatang;
//kelas Boa
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
public class Boa extends Ular {
String Status;
//konstruktor
public Boa (String nama, String kulit, String keterangan, String habitat, String status ) {
super (nama, kulit, keterangan, habitat);
Status = status;
}
//methode
public void TampilkanRincian() {
System.out.println("Nama Ular = " + Nama);
System.out.println("Kulit = " + Kulit);
System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
System.out.println("Habitat = " + Habitat);
System.out.println("Status = " + Status);
}
}
package binatang;
//Kelas utama
//Perhatikan kata "main"
public class Binatang {
public static void main(String[] args) {
//instansiasi kelas
//menggunakan "new"
System.out.println("Berikut daftar binatang beserta salah satu turunannya :");
System.out.println("");
Mamalia a = new Mamalia("Mamalia","Binatang Menyusui");
Sapi aa = new Sapi("Sapi","Binatang Menyusui", "Penyedia Daging");
Kucing ab = new Kucing("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah");
Tyoger aba = new Tyoger("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Tyoger");
Tiffany abc = new Tiffany("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Tiffany");
Siam abb = new Siam("Kucing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Siam");
Anjing ac = new Anjing("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah");
Akita aca = new Akita("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Akita");
Beagle acb = new Beagle("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Beagle");
Kintamani acc = new Kintamani("Anjing","Binatang Menyusui","Peliharaan Rumah","Kintamani");
Reptil b = new Reptil("Reptil", "Bersisik", "Binatang Bertelur");
Ular ba = new Ular("Ular","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan");
Boa baa = new Boa("Ular Boa","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan","Tidak Berbisa");
Python bab = new Python("Ular Python","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan","Tidak Berbisa");
Cobra bac = new Cobra("Ular Cobra","Bersisik","Binatang Bertelur","Hutan","Berbisa");
Buaya bb = new Buaya ("Buaya","Bersisik","Binatang Bertelur","Rawa-rawa");
Cicak bc = new Cicak ("Cicak","Bersisik","Binatang Bertelur","Rumah");
//Pemanggilan konstruktor masing - masing
//Catatan : penambahan System.out.println("") untuk memberikan ruang kosong 1 baris, biar ga mepet liatnya :D
a.TampilkanRincian();
System.out.println("");
aa.TampilkanRincian();
System.out.println("");
ab.TampilkanRincian();
System.out.println("");
ac.TampilkanRincian();
System.out.println("");
aca.TampilkanRincian();
System.out.println("");
acb.TampilkanRincian();
System.out.println("");
acc.TampilkanRincian();
System.out.println("");
b.TampilkanRincian();
System.out.println("");
ba.TampilkanRincian();
System.out.println("");
baa.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bab.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bac.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bb.TampilkanRincian();
System.out.println("");
bc.TampilkanRincian();
System.out.println("");
System.out.println("");
}
}
Kemudian jalankan dengan klik menu Build > Execute atau tekan F5.
Sumber
I Putu Agus Eka Pratama . 2015. Memahami Pewarisan di Java. http://bisakomputer.com/memahami-pewarisan-di-java. diakses pada tanggal 18 maret 2015
0 komentar:
Posting Komentar