Nama/NIM : Ni Putu Tias Amarwati/1404505041
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (Kelas B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Java adalah bahasa
pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di
Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.
Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun
dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin
aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke
dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java
(JVM).Java merupakan bahasa
pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara
khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.
Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di
beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan
slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java
merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas
dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun
aplikasi berbasis web.
Perkembangan Java dan Aplikasi Java menurut Bidang Komunikasi
Java telah sukses dikembangkan di berbagai bidang
sejak awal pertama kali muncul hingga saat ini. Bahasa Java dalam
perkembangannya memegang teguh filosofi sehingga diminati oleh banyak
programmer di dunia. Hal yang membuat bahasa Java semakin diminati adalah
ketika berbagai device mendukung java dengan J2ME, sehingga banyak praktisi
yang berusaha menguasai Java untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di
berbagai Mobile Device, PDA, dan Embedded System. Perkembangan Java saat ini
hingga menjadi 4 platform utama, yaitu Java Card, Java Micro Edition, Java
Standard Edition, dan Java Enterprise Edition.
1. Aplikasi Web
Hal yang umum bahwa aplikasi web saat ini sangat
umum digunakan khalayak IT, tidak hanya praktisi tapi juga khalayak umum
apalagi dengan adanya social networking di dunia maya melalui browser. Hal ini
mungkin dikarenakan manusia merupakan makhluk social sehingga dengan adanya
social networking di dunia maya membuat masyarakat umum banyak menggunakan
internet sebagai media komunikasi. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman
yang mendukung aplikasi web karena memang java dibuat untuk memberikan solusi
untuk aplikasi yang berbasis jaringan.
Diantaranya yang mendukung aplikasi web adalah– Applet
– Java (untuk aplikasi web berbasis server)
– CORBA (untuk aplikasi terdistribusi)
Selain itu Java juga memiliki SDK (Software Development Kit) yaitu J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
2. Java Web services
Merupakan aplikasi web berbasis interprise yang
mengunakan standart XML dan protocol tertentu dalam bertukar data dengan
klien.Teknologi ini meliputi beberapa API yang dirancang untuk bekerja dengan
XML seperti Jsva API for XML Based RPC (JAX-RPC), Java API for XML based
messaging (JAXM),Java API for XML Processing (JAXP) dan Java API for XML
Binding (JAXB).
Penerapan pada Android
Sistem Android saat ini menggunakan Java
didalamnya, dimana lapisan di atas kernel adalah Android runtime, termasuk
mesin virtual Dalvik (Dalvik VM) dan Java Library. Dalvik VM adalah
implementasi Java dari Google, dioptimalkan untuk perangkat mobile. Semua kode
yang Anda tulis untuk Android akan ditulis di Java dan dijalankan dalam Virtual
Machine. Dalvik berbeda dari Java tradisional dalam dua hal penting:
• Dalvik VM menjalankan .dex file, yang dijabarkan pada waktu
kompilasi dari standar file .class dan .jar. File .dex
adalah lebih kompak dan efisien daripada file .class, suatu pertimbangan
penting untuk memori terbatas dan perangkat bertenaga baterai yang berbasis
Android.• Pustaka Java core yang datang dengan Android berbeda dari pustaka Java Standard Edition (Java SE) dan Java Mobile Edition (Java ME).
Sebelum mempelajari program JAVA,
alangkah baiknya apabila kita mengetahui konsep dari OOP (Object-Oriented Programming). Ada beberapa point penting yang
harus diketahui, apa objects
itu sendiri dan beberapa istilah seperti ; Classes, Inheritance, Encapsulation, Polymorphism
Object
adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template)
sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Attributes/ Variable
merupakan
nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes
merepresentasikan karakteristik dari suatu object. Contoh : pada Class Fruit
terdapat attribute : warna, berat pada object mangga : warna berisi kuning dan
berat misalkan 0.24 kg pada object apel : warna berisi merah dan berat misalkan
0.30 kg
Methode/Behavior
merupakan
suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object.
Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Objek menyimpan statenya dalam satu atau
lebih variabel, dan mengimplementasikan behaviournya dengan metode. Dengan
penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa objek adalah bagian software yang
dibentuk dengan variabel-variabel dan metode-metode yang berhubungan dengan variabel
tersebut.
CLASS
Kelas
dapat didefinisikan sebagai cetak biru (blueprint) atau prototipe/kerangka yang
mendefinisikan variabel-variabel (data) dan methodmethod (perilaku) umum dari
sebuah objek tertentu.
Kelas
digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek, dan sering
disebut dengan referensi objek (objek reference). Kelas adalah
sebuah prototipe dari objek yang diciptakan. Bagian ini mendefinisikan suatu
model dari objek pada dunia nyata yang sebenarnya. Class
adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming).
ENCAPSULATION (PEMBUNGKUSAN)
Encapsulation adalah proses pemaketan data bersama metode-metodenya
dimana hal ini bermanfaat untuk menyembeunyikan rincian-rincian implementasi
dari pemakai. Dalam sebuah objek yang mengandung variabel-variabel dan
methodmethod, dapat ditentukan hak akses pada sebuah variabel atau method dari
objek. Pembungkusan variabel dan method dalamsebuah objek dalam bagian yang
terlindungi inilah yang disebut dengan enkapsulasi.
Bagian eksternal dari sebuah objek sering disebut sebagai
interface
atau antarmuka terhadap objek lain. Karena objek lain harus berkomunikasi
dengan objek itu hanya melalui antarmuka maka bagian internal objek dapat
dilindungi dari gangguan luar. Karena program luar tidak mengakses implementasi
internal objek, maka implementasi internal dapat berubah tanpa mempengaruhi
bagian-bagian program lain. Di dalam Java, pengkapsulan dapat dilakukan dengan
pembentukan kelas-kelas menggunakan keyword class.
Sedangkan penyembunyian informasi dapat dilakukan dengan
pengendalian
tgerhadap pengaksesan pembentuk kelas dengan keyword-keyword untuk kendali
pengaksesan default, private, protected, dan public. Penyembunyian informasi
deilakukan
dengan
implementasi penerapan kendari menggunakan keyword private dan protected pada
elemen data.
Ada
2 manfaat utama dari enkapsulasi yaitu :
1. Penyembunyian Informasi (information hiding)
Hal ini mengacu kepada perlindungan
terhadap implementasi obejk internal. Objek tersebut dari interface public dan
bagian private yang merupakan kombinasi data dan metode internal. Manfaat utamanya
adalah bagian internal dapat berubah tanpa memepngaruhi bagian-bagian program
yang lain.
2. Modularitas
Modularitas berarti objek dapat
dikelola secara independen. Karena kode sumber bagian internal objek dikelola secara
terpisah dari antarmuka, maka Kita bebas melakukan modifikasi yang tidak
menyebabkan masalah pada bagian-bagian lain dari sistem. Manfaat ini
mempermudah mendistriibusikan objek-objek dari sistem.
INHERITANCE (PEWARISAN)
Pewarisan
adalah proses penciptaan kelas baru dengan mewarisi karakteristik dari kelas
yang telah ada, ditambah dengan karakteristik unik dari kelas baru tersebut.
Dalam hirarki kelas, jika kelas C merupakan turunan kelas B, dan kelas B
merupakan turunan kelas A, maka otomatis attribute dan method kelas A juga
diwariskan kelas C. Setiap subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel )
dan behaviour ( method-method ) dari superclassnya.
Subclass
kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat
pula memodifikasi ( override ) state dan behaviour yang diturunkan oleh
superclassnya.
Keuntungan dari inheritance adalah :
·
Subclass
menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass,
hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code
dari superclass yang telah ada.
·
Programmer
Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut
abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara
umum.
·
Kemudahan
dalam memanage kelas yang memiliki data dan method yang sama. Untuk
memodifikasi suatu data atau method untuk semua subkelas / kelas anak, maka
tidak perlu melakukan perubahan di masing-masing kelas anak melainkan hanya
pada kelas induk saja.
Istilah dalam inheritance yang perlu
diperhatikan :
1. Extends
Keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang
menjadi subclass.
2. Superclass
Superclass digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang
berarti class dasar dari subclass/class anak.
3. Subclass
Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari
superclass.
Secara umum bentuk deklarasi dalam
kkonsep pewarisan adalah sebagai berikut :
[modifier]
class namaSubKelas extend namaKelasSuper
{
//
classBody
}
|
POLYMORPHISM
Polymorphism dapat diartikan sebagai
memiliki banyak bentuk. Dua objek atau lebih dikatakan sebagai polymorphic bila
kedua objek tersebut mempunyai antarmuka identik namun mempunyai perilaku yang
berbeda. Dalam pemrograman, polimorfisme dapat diartikan sebagai modul yang
memiliki nama sama, namun memiliki behaviour (tingkah laku) yang berbeda
sehingga listing code implementasinya juga berbeda.Kondisi yang harus dipenuhi
supaya polimorfisme dapat diimplementasikan adalah :
1. Method yang dipanggil harus melalui variabel dari basis class atau superclass.
1. Method yang dipanggil harus melalui variabel dari basis class atau superclass.
2. Method
yang dipanggil harus juga menjadi method dari basis class.
3. Signature
method harus sama baik pada superclass maupun subclass.
4. Method
access attribute pada subclass tidak boleh lebih terbatas dari basis class.
IMPLEMENTASI JAVA
1. m-commerce
E-commerce lebih identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi bisa berupa B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). E-Commerce tidak hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile yang biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa menggunakan aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera Mini.
Jumlah pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi jika ponsel mereka bisa bisa digunakan untuk E-Commerce, maka m-commerce semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi saham,pelelangan barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan aplikasi ini tidak terlepas dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu platform yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui teknologi seperti Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service (GPRS).
2. Social Networking
Seperti dijelaskan di atas, manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan sesame. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara tentunya).
3. Games
Penerapan Java pada games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada Android.
Daftar pustaka
IMPLEMENTASI JAVA
1. m-commerce
E-commerce lebih identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online shop, dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi bisa berupa B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). E-Commerce tidak hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile yang biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa menggunakan aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera Mini.
Jumlah pengguna ponsel pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui PC/laptop sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau daripada pengguna yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna ponsel ini maka semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi jika ponsel mereka bisa bisa digunakan untuk E-Commerce, maka m-commerce semakin banyak dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi telah dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi saham,pelelangan barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan aplikasi ini tidak terlepas dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu platform yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui teknologi seperti Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service (GPRS).
2. Social Networking
Seperti dijelaskan di atas, manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan sesame. Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking yang memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara tentunya).
3. Games
Penerapan Java pada games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan dukungan J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual Dalvik pada Android.
Daftar pustaka
1. Wikipedia. 2015. Java.
http://id.wikipedia.org/wiki/Java. Diakses tanggal 1 Maret 2015
2, Wikipedia. 2015. Bahasa Pemrograman. http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman. Diakses tanggal 1 Maret 2015
3. Sukma Murdani, S.Kom .2015. https://mrdazle272002.files.wordpress.com/2012/03/4-encapsulation-inheritance-polimorfisme.pdf. Diakses tanggal 2 Maret 2015
4. Anantakun.2015.Penerapan Bahasa Pemrograman Java di Masa Sekarang. https://anantakun.wordpress.com/2011/03/03/penerapan-bahasa-pemrograman-java-di-masa-sekarang/. Diakses tanggal 4 Maret 2014
2, Wikipedia. 2015. Bahasa Pemrograman. http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman. Diakses tanggal 1 Maret 2015
3. Sukma Murdani, S.Kom .2015. https://mrdazle272002.files.wordpress.com/2012/03/4-encapsulation-inheritance-polimorfisme.pdf. Diakses tanggal 2 Maret 2015
4. Anantakun.2015.Penerapan Bahasa Pemrograman Java di Masa Sekarang. https://anantakun.wordpress.com/2011/03/03/penerapan-bahasa-pemrograman-java-di-masa-sekarang/. Diakses tanggal 4 Maret 2014
0 komentar:
Posting Komentar